My Blog List

Wednesday, October 4, 2017

Malala Project

MALALA PROJECT
Aku Ikhsan, seorang mahasiswa jurusan Manajemen di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Aku pernah merasa menjadi orang yang begitu berguna bagi masyarakat ketika aku aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial. Tidak banyak memang yang bisa aku berikan, hanya saja apresiasi dari masyarakat begitu antusias, itulah yang membuat aku juga merasa sangat dihargai. Walaupun begitu aku sangat berharap kontribusi yang aku lakukan bisa bermanfaat dan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat.
Malala Project merupakan salah satu projek sosial yang sedang aku geluti. Projek ini bergerak di bidang pendidikan, khususnya dalam meningkatkan “equality of education”. Kita ketahui bahwa di Bandung hanya 10,99 % anak yang memperoleh pendidikan layak (Sumber: Sekertaris Daerah Jawa Barat), oleh karena itu melalui projek ini kita berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat yang ada di Bandung tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak. Upaya yang kita lakukan adalah dengan mengajar, memotivasi anak-anak, campaign, seminar dan direct education. Selain itu, kita juga memberikan donasi berupa buku dan sarana pendidikan ke beberapa panti asuhan anak yatim dan komunitas anak jalanan. Kita mengajar di beberapa panti asuhan daerah Kosambi, Margahayu dan Buah Batu, serta memberikan seminnar ke beberapa sekolah di Bandung, selain itu kita juga melakukan campaign di beberapa car free day di Bandung.

Malala Project ini di accompany oleh tim dari AIESEC Bandung dan dibantu oleh 9 volunteer dari luar negeri, sehingga semuanya terdiri dari 22 orang. Projek ini sudah dimulai sejak tanggal 10 Juni 2017 hingga sekarang, namun pada pertengahan Agustus kemarin kegiatan mengajar yang biasanya kita lakukan rutin setiap harinya mulai kita kurangi, hal itu dikarenakan beberapa di antara kita sudah mulai sibuk kuliah dan semua volunteer dari luar negeri pun harus kembali kenegaranya masing-masing. Namun saat ini kita juga masih masih mengamati perkembangan mereka, sehingga seminggu sekali kita masih sering kesana. Beberapa minggu kedepan kita juga akan kembali membagikan buku dan beberapa  keperluan sekolah kepada mereka.

No comments:

Post a Comment